Nasional

DPR Minta Kinerja Tol Laut Ditingkatkan

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat menyatakan bahwa program tol laut dapat ditingkatkan kinerjanya dengan mengatasi disparitas atau ketimpangan antara jumlah muatan berangkat dan balik yang kini masih terlalu lebar.

“Dari catatan Kemenhub per 1 April 2022 total muatan berangkat sebesar 3. 929 TEUs (twenty-foot equivalent unit), sedangkan muatan balik hanya sebesar 1.398 TEUs. Ada perbedaan sekitar 35 persen,” kata Toriq Hidayat dalam keterangan di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (8/4/2022).

Menurut Toriq, hal tersebut menunjukkan belum proporsionalnya antara loading atau beban muatan pergi dan kembali, sehingga membuat ketidakseimbangan biaya logistik

Untuk itu, ujar dia, aspek muatan balik dalam tol laut harus betul- betul optimal dan ditingkatkan.

Ia menyebutkan, masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan tol laut. Jika melihat datanya, sejak diresmikan, tol laut jumlah muatan memang terus meningkat.

Pada 2016, lanjutnya, jumlah muatan tercatat sebesar 81.404 ton, dan angka tersebut terus meningkat ke 477.600 ton pada 2021. Hal ini menunjukkan upaya menyeimbangkan pembangunan Indonesia timur dan barat mulai tampak.

“Namun, disparitas antara aspek muatan berangkat dari pelabuhan utama dan muatan kembali dari pelabuhan daerah, menjadikan biaya logistik di Indonesia belum efisien,” paparnya.

Selain itu, ujar dia, secara umum usaha mewujudkan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi ke setiap daerah lewat tol laut dinilai masih belum merata.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button