Nasional

Penundaan Pemilu Dianggap Tidak Menguntungkan Indonesia

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jember Itok Wicaksono menilai wacana penundaan pelaksanaan Pemilu 2024 yang digulirkan sejumlah pimpinan partai politik justru tidak profitabel bagi Indonesia, baik dari sektor politik maupun ekonomi.

“Penundaan Pemilu 2024 justru berdampak pada krisis politik dan hukum, karena adanya perubahan regulasi yang mengatur pesta demokrasi itu, sehingga bisa mempengaruhi stabilitas politik di Indonesia,” tutur Itok, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat.

Tidak hanya itu, ucap ia, penundaan pemilu juga dapat menyebabkan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia menyusut, sehingga perihal tersebut justru tidak profitabel di sektor pertumbuhan ekonomi.

“Stabilitas politik di Indonesia tentu akan berdampak pada sektor perekonomian, sehingga adanya pemilu justru dapat meningkatkan kepercayaan internasional dan menstabilkan ekonomi,” ucap mantan Komisioner KPU Jember itu pula.

Baca Juga:  PKS Konsisten Pemilu 5 Tahun Sekali

Itok menilai bahwa wacana terkait penundaan pemilu dan wacana perpanjangan masa jabatan presiden merupakan momentum pemanasan menjelang Pemilu 2024 yang sengaja digulirkan oleh partai politik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button