Nasional

Kemenkes Imbau Warga agar Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

INDOPOSCO.ID – Seluruh masyarakat Indonesia diimbau untuk bersiap-siap menghadapi gelombang ketiga kasus Covid-19 yang saat ini didominasi varian Omicron.

“Peningkatan kasus sudah terjadi dalam 14 hari ini. Dan kita bersiap menghadapi adanya gelombang ketiga,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid, kepada indoposco.id, Minggu (13/2/2022).

Nadia mengatakan, puncak peningkatan kasus yang mungkin disebabkan varian Omicron prediksinya minggu ke-4 Februari 2022.

Ia mengatakan pemerintah terus berupaya menekan angka penularan kasus Covid-19 yang didominasi varian Omicron. Hal ini termasuk melakukan beragam upaya pencegahan dan mendorong laju vaksinasi. Strategi ini efektif menekan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Baca Juga : Pemerintah Diminta Kendalikan Kasus Kematian Covid-19 yang Terus Naik

Nadi menjelaskan, hingga Jumat (11/2/2022) pukul 17.00 WIB, pasien yang dirawat di rumah sakit mencapai 29% dari total kapasitas tempat tidur dan isolasi yang disediakan untuk pasien Covid-19 secara nasional. Sebagian besar pasien yang masuk rumah sakit juga memiliki gejala ringan dan tanpa gejala (OTG).

Selain mengimbau masyarakat yang tidak bergejala dan gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri dan terpadu, pemerintah juga terus meningkatkan testing.

“Kenaikan angka perawatan pasien ini memang harus dikontrol agar layanan kesehatan masyarakat tidak terpengaruh secara berarti. Dengan begitu, skema mendorong masyarakat yang bergejala ringan atau tanpa gejala (OTG) untuk isolasi di rumah menjadi strategi pilihan agar pasien yang lebih membutuhkan, termasuk mereka yang bergejala berat dan kritis, dapat memperoleh perawatan intensif,” ujar Nadia.

Selain mengalokasikan rumah sakit bagi mereka yang lebih membutuhkan layanan intensif, pemerintah juga terus mendorong program vaksinasi nasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button