Nasional

Ini Tantangan Media Massa Di Era Digital

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Dedy Permadi membagi pendapatnya terkait tantangan yang dihadapi media era ini, menyusul Hari Pers Nasional (HPN) di tanggal 9 Februari 2022.

Dedy mengatakan persaingan usaha di era digital menjadi salah satu tantangan utama, terlebih pandemi Covid-19 yang semakin mendorong penggunaan platform media digital seperti media sosial.

“Sebagai akibat dari pandemi Covid-19 mulai terjadi pergeseran gap antara media tradisional dengan media digital. Hal tersebut didorong oleh peningkatan penggunaan platform media digital, terutama oleh generasi millennial dan gen Z,” kata Dedy, seperti dilansir Antara, Minggu (6/2/2022).

Ia memaparkan laporan dari e-Marketer dan Insider Intelligence tahun 2020, bahwa sejak pandemi Covid-19, sebanyak 50 persen millenial dan gen Z menghabiskan waktu lebih banyak di Youtube, 47 persen menghabiskan waktu di Facebook, dan 34 persen menghabiskan waktu di Instagram. “Tren konsumsi media digital ini diperkirakan akan terus meningkat, bahkan setelah pandemi mereda,” kata Dedy.

Baca Juga : Perkantoran Diminta Micro Lockdown Sepekan Jika Jadi Klaster Covid-19

Lebih lanjut, Dedy mengatakan kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap akses informasi yang cepat dan gratis terus meningkat seiring dengan adanya digitalisasi.

“Hal ini dapat dilihat dari jumlah pembaca media online sebanyak 6 juta pembaca yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan pembaca media cetak sebanyak 4,5 juta pembaca, menurut laporan Nielsen pada 2020,” kata dia.

Ada pun survei yang dilakukan oleh Katadata Insight dan Kementerian Kominfo pada tahun 2020 lalu juga memperlihatkan dominasi media sosial sebagai kanal informasi yang paling dipercayai masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button