Nasional

Dugaan Fee Proyek untuk Bupati Langkat, KPK Periksa Tiga Saksi

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi tiga saksi mengenai dugaan adanya pemberian “fee” untuk tersangka Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin (TRP) terkait pekerjaan proyek.

KPK memeriksa ketiganya di Gedung Ditreskrimsus Polda Sumut, Senin untuk tersangka Terbit dan kawan-kawan dalam penyidikan kasus dugaan korupsi terkait kegiatan pekerjaan pengadaan barang dan jasa tahun 2020-2022 di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

“Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan pekerjaan proyek yang dikerjakan oleh para saksi dan dugaan adanya pemberian ‘fee’ berupa uang untuk tersangka TRP karena adanya pengaturan pemenang pelaksana proyek,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Tiga saksi, yaitu Riki Sapariza selaku wiraswasta/Direktur CV Sasaki serta dua wiraswasta masing-masing Ananda Agustri dan Daniel.

KPK juga memanggil dua saksi lainnya untuk tersangka Terbit dan kawan-kawan, yakni Mimpin Sitepu selaku wiraswasta/Direktur CV Salsa dan Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Langkat Deni Turio. Namun, keduanya tidak memenuhi panggilan tim penyidik. “Tidak hadir dan selanjutnya segera dilakukan pemanggilan kembali,” tandas Ali dilansir Antara.

KPK total menetapkan enam tersangka kasus itu. Sebagai penerima, yakni Terbit Rencana Perangin Angin (TRP), Iskandar PA (ISK) selaku Kepala Desa Balai Kasih yang juga saudara kandung Terbit, dan tiga pihak swasta/kontraktor masing-masing Marcos Surya Abdi (MSA), Shuhanda Citra (SC), dan Isfi Syahfitra (IS).

Sementara sebagai pemberi, yaitu Muara Perangin-angin (MR) dari pihak swasta/kontraktor. Dalam konstruksi perkara, KPK menjelaskan sekitar tahun 2020 hingga saat ini, Terbit selaku Bupati Langkat periode 2019-2024 bersama dengan Iskandar diduga melakukan pengaturan dalam pelaksanaan paket proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Langkat.

Baca Juga: KPK Sita Rp 2,1 M dari Kantor Bupati Langkat

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button