Nasional

Berkat Mensos, Yudha yang Dulunya Pemulung Sekarang Jadi Pegawai Kantoran

INDOPOSCO.ID – Kemeja lengan panjang bergaris-garis lurus dipadu sepatu hitam khas kantoran lengkap dikenakan Irmanyuda (40) setiap pagi dan sudah menjadi rutinitas. Yudha, sapaan akrabnya datang lebih pagi, sesampainya di depan pintu kantor pengelola gedung tinggi apartemen Grand Kamala Lagoon di bilangan kota Bekasi terlebih dulu menempelkan jari di gagang pintu untuk ‘finger print’.

Yudha pun mengerjakan tugas sehari-hari dengan penuh tanggung jawab. Tugas tersebut seperti menata berbagai file dan dokumen, merapikan ruangan hingga menyiapkan minuman dan meletakannya di meja-meja karyawan.

Tapi siapa sangka, sebelumnya pria kelahiran Jakarta ini hanyalah seorang pemulung di Jakarta dan saat istirahat usai memulung di pinggir jalan disapa oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pertengahan tahun lalu.

Baca Juga : Ditemui Mensos, Agung Sang Bocah Pemulung Itu Bisa Sekolah Lagi

Awalnya, ia ragu menerima tawaran Risma, sapaan Mensos mengikuti program Rehabilitasi Sosial di Balai Pangudi Luhur Bekasi, Jawa Barat. Namun setelah diberikan penjelasan dan diyakinkan oleh Mensos akhirnya ia luluh menerima tawaran tersebut.

Di Balai Pangudi Luhur Bekasi, Yudha mendapatkan berbagai pelatihan keterampilan (vocational) kewirausahaan seperti beternak lele dan ayam, membuat kompos dan motivasi perubahan perilaku agar bisa bekerja di segala bidang.

Kemensos melalui Balai Pangudi Luhur pun tidak melepas Yudha begitu saja setelah selesai mengikuti pelatihan, melainkan juga menyalurkan dirinya ke sebuah pengelola apartemen di Bekasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button