Olahraga

Sumbang Pemain Timnas Terbanyak, Persebaya Tereduksi

INDOPOSCO.IDPersebaya sampai pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022 masih bertengger di peringkat ketiga. Bersaing dalam perebutan gelar juara dengan Bhayangkara FC, Arema FC maupun Bali United. Namun, posisi itu tidak menghilangkan kerisauan Presiden Persebaya Azrul Ananda.

Azrul mengeluhkan agenda timnas yang terus berbarengan dengan bergulirnya Liga 1. Persebaya tereduksi kekuatannya begitu besar. Lima pemain Bajol Ijo dipanggil timnas besutan Shing Tae-yong untuk menghadapi Timor Leste dalam rangkaian uji coba internasional. Itu menjadikan Persebaya sebagai klub penyumbang pemain timnas terbanyak.

Mereka adalah Ernando Ari, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, dan Ricky Kambuaya. Semua adalah pemain inti Persebaya. Parahnya, Marsel dan Ricky bermain di posisi yang sama. Akibatnya, Persebaya harus memainkan Samsul Arif yang seorang striker di posisi gelandang serang, yang biasanya ditempati Marsel dan Ricky.

Baca juga : Pelatih Persebaya Akui Lawan PSS Pertandingan Super Berat

”Di satu sisi, kami bangga pemain-pemain muda binaan Persebaya jadi andalan dan selalu jadi pilihan di timnas. Di sisi lain, kami tentu keberatan dan menolak kalau terus menerus pemain kami yang diambil paling banyak,” ujar Azrul.

Dia pantas khawatir, bulan depan dikabarkan enam pemainnya akan dipanggil timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23. Mereka adalah lima pemain timnas saat ini, kecuali Ricky. Plus Akbar Firmansyah dan Koko Ari Araya. Enam pemain itu semuanya di bawah 23 tahun, namun sudah menjadi andalan Persebaya.

Padahal, agenda Piala AFF U-23 akan berlangsung hampir sebulan penuh. Mulai pemusatan latihan hingga final pada 24 Februari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button