Nasional

Butuh Kearifan Politisi Cegah Politik Identitas di Pemilu 2024

INDOPOSCO.ID – Kearifan atau kebijaksanaan para politisi dibutuhkan untuk mencegah penggunaan politik identitas dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Dalam momentum Pemilu 2024, cara mencegah agar politik identitas tidak dijadikan sebagai alat politisasi, saya kira kuncinya ada di politisi, yaitu bagaimana kearifan mereka supaya tidak menjadikan politik identitas sebagai alat untuk memukul lawan,” kata Pakar Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Ahmad Ali Nurdin, saat menjadi narasumber dalam webinar nasional bertajuk” Demokrasi dan Tantangan Politik Identitas” melalui Zoom Meeting, dipantau dari Jakarta, Selasa (25/1/2022), seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut, Ali Nurdin mengimbau para politisi yang mengikutsertakan diri dalam Pemilu 2024 tidak menggunakan politik identitas untuk menarasikan bahwa lawan politiknya memarginalkan atau memojokkan kelompok-kelompok tertentu.

Baca Juga: Pemilu 2024 Disepakati 14 Februari

Menurutnya, tindakan seperti itu akan sangat berbahaya bagi demokrasi di Indonesia dan keberadaan masyarakat yang plural.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button