Nasional

Lansia dan Disabitas Penerima BPNT PPKM Dimasukkan ke Reguler

INDOPOSCO.IDKementerian Sosial (Kemensos) akan memasukkan, kelompok lansia dan penyandang disabilitas penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) PPKM ke data penerima BPNT reguler.

“Kelompok mereka akan masuk ke bantuan reguler. Kita menangani lebih detail,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di kantor Kemensos, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Pemindahan tersebut menyesuaikan kebijakan pemerintah penyaluran bansos tahun 2022. Kemudian untuk penerima bansos di bawah usia 40  tahun, Kemensos akan meningkatkan kemandirian ekonominya dengan memberikan pelatihan kewirausahaan.

“Nanti akan melibatkan kemitraan dengan masyarakat. Pada kesempatan itu pendamping juga bisa mengikuti pelatihan. Karena mereka juga banyak yang tingkat ekonominya kurang,” tutur Risma disapanya.

Kemensos telah membantu kelompok rentan tersebut sepanjang tahun 2021. Baik lansia maupun penyandang disabilitas mendapatkan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT/Kartu Sembako dan BPNT PPKM.

Data Kemensos menunjukkan, untuk lansia dan penyandang disabilitas yang hidup tanpa keluarga penerima PKH dan BPNT/Kartu/Sembako sebanyak 1.477 527.  Lansia dan penyandang disabilitas hidup tanpa keluarga penerima BPNT/Kartu Sembako PPKM sebanyak 6.250.462.

Sedangkan lansia dan penyandang disabilitas yang hidup dengan keluarga penerima PKH dan BPNT/Kartu Sembako sebanyak 7.251.836. Lansia dan penyandang disabilitas yang hidup dengan keluarga penerima BPNT/Kartu Sembako PPKM sebanyak 4.636.670.(dan)

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button