Nasional

Kasus Korupsi Mantan Bupati Banjarnegara Siap Diadili di PN Semarang

INDOPOSCO.ID – Tim jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara terdakwa mantan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono dan kawan-kawan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

“Hari ini (18/1/2022) tim jaksa telah melimpahkan berkas perkara terdakwa Budhi Sarwono dan kawan-kawan ke Pengadilan Tipikor pada PN Semarang,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (18/1/2022).

Dia mengatakan, penahanan selanjutnya merupakan kewenangan Pengadilan Tipikor dan para terdakwa untuk sementara waktu masih tetap ditahan di Rutan KPK.

Baca Juga : Cegah Korupsi, Gaji Kada Sebaiknya Rp500 Juta-Rp1 Miliar Per Bulan

Terdakwa Budhi Sarwono ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1 dan terdakwa Kedy Afandi ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

“Tim jaksa masih akan menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pertama pembacaan surat dakwaan,” kata Ali.

Para terdakwa didakwa dengan dakwaanpertama: Pasal 12 huruf (i) UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP, dan kedua: Pasal 12B UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Sebagaimana diketahui, mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dijerat KPK dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur. Budhi diduga turut serta dalam pemborongan atau pengerjaan proyek baik langsung maupun tidak langsung di Pemkab Banjarnegara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button