Nasional

Dorong Kesadaran Pemuda Muslim pada Semangat Islam

INDOPOSCO.ID – Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa menggelar dialog ekslusif pada Jumat (7/1/2021). Dialog ini mengusung tema Islam, Kemoderenan dan ke-Indonesian: Perjuangkan Api Islam Bukan Abunya.

Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Arief Rosyid Hasan selaku host mengatakan, dialog ini digagas untuk mendorong kesadaran para pemuda muslim pada semangat Islam. Menurutnya, masih ada anak muda yang merasa telah memperjuangkan semangat Islam, tapi masih terjebak dengan simbol-simbol sehingga melupakan substansi ajaran Islam yang sebenarnya.

Baca juga: Pemuda Diajak Bangkitkan Ekonomi melalui Muslim Leaderpreneur

Arief Rosyid berharap anak muda menyadari jika memperjuangkan ‘api’ Islam sangat berkaitan dengan mendorong ekonomi umat, pengentasan kemiskinan, serta profesionalisme. Ia yakin dengan memperjuangkan ‘api’ Islam, masjid bisa menjadi tempat melahirkan tokoh-tokoh seperti Bung Karno, Cak Nur dan Gus Dur.

“Kita sering kali bicara tentang bonus demografi yang tulang punggungnya merupakan anak muda. Jika para anak muda sibuk mengikuti wacana yang tidak jelas dan berisi kemarahan, maka akan semakin banyak yang ke arah negatif dan tidak membangun,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Minggu (9/1/2021).

Namun, jika diarahkan kepada hal yang punya maslahat, dirinya yakin anak-anak muda akan memiliki kesadaran untuk ‘membarakan api’ Islam. Menurutnya, diskusi seperti ini akan mendorong ketertarikan orang awam untuk belajar dan mendalami Islam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button