Nasional

Bea Cukai Pantoloan dan Polda Sulteng Gagalkan Penyelundupan 29 Kg Sabu

INDOPOSCO.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulbagtara, Pangkalan Sarana Operasi (Pangsarops) Bea Cukai Pantoloan, dan Bea Cukai Pantoloan bersinergi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah dalam memberantas penyelundupan 29 kilogram narkotika jenis metamfetamin (sabu-sabu) menggunakan Kapal Patroli BC 9003 milik Pangsarops Bea Cukai Pantoloan. Keberhasilan penindakan narkotika tersebut dipaparkan dalam konferensi pers yang digelar pada tanggal 28 Desember 2021 oleh Kepala Pangsarops Bea Cukai Pantoloan, Asep Ridwan, didampingi Kepala Bea Cukai Pantoloan, Alimuddin Lisaw dan Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi.

Asep Ridwan menjelaskan penindakan narkotika ini bermula dari informasi Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulawesi Tengah mengenai akan adanya penyelundupan narkotika dari Tawau menuju Pulau Sulawesi yang rencananya akan diedarkan di Palu. Menindaklanjuti informasi tersebut, Polda Sulawesi Tengah bersinergi dengan Bea Cukai untuk melakukan pengejaran dan penindakan melalui laut dan melalui darat. Operasi laut dilakukan dengan mengerahkan kapal patroli Bea Cukai menuju wilayah perariran yang dicurigai yang ada di ALKI II. Kapal Patroli BC 9003 berangkat dari dermaga Pangsarops Bea dan Cukai Tipe B Pantoloan pada tanggal 22 Desember 2021 pada pukul 21.00 WITA.

“Setelah tiga hari kedua tim memantau, kapal target diketahui menggunakan jalur baru yang tidak biasa digunakan. Selanjutnya dilakukan pengejaran oleh tim operasi patroli laut dengan tetap melakukan komunikasi dengan tim darat. Pada tanggal 25 Desember 2021, dengan menurunkan sea rider BC 9003, tim gabungan berhasil menemukan sarana pengangkut pada hutan bakau daerah Ogoamas dengan mesin masih dalam keadaan panas yang menyatakan pelaku masih berada tidak jauh dari landing spot di sekitar sarana pengangkut yang digunakan,” ujarnya.

Baca Juga : Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Jalin Sinergi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button