Nasional

UI Teliti Obat Alternatif Covid-19

INDOPOSCO.ID – Tim peneliti Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang dimotori oleh Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., Habiburrahman Zulfikri, S.Si., M.Sc., Ph.D., dan Dr. Kenny Lischer, S.T., M.T., saat ini melakukan penelitian terkait obat-obatan alternatif Covid-19 dengan menggunakan pendekatan bioinformatika.

“Salah satu studi kasus riset yang telah dilaksanakan di FTUI adalah penelitian propolis asli Indonesia yang telah dilakukan mulai dari identifikasi senyawa alam hingga skrining senyawa propolis melalui pendekatan bioinformatika,” kata Muhammad Sahlan dalam taklimat media di Depok, Jawa Barat, Senin (27/12/2021).

Ia mengatakan dengan menggunakan pendekatan bioinformatika tim peneliti dapat melakukan skrining terhadap berbagai macam zat yang terkandung dalam bahan-bahan herbal.

Skiring dilakukan dengan memfokuskan pada target “surface” protein dari Covid-19.

“Kami dapati bahwa pendekatan molecular docking dan molecular dynamic merupakan dua pendekatan yang pas untuk mengeksplorasi kemungkinan pola interaksi molekul antara reseptor dengan ligan,” kata Sahlan terkait penelitian propolisnya.

Baca Juga: Delmicron Bukan Nama Ilmiah Varian Covid-19

Ia menjelaskan “molecular docking” merupakan proses simulasi untuk memprediksi apakah dan bagaimana suatu protein dapat berinteraksi dengan suatu molekul (ligan). Sementara “molecular dynamic” adalah metode simulasi yang menganalisis perpindahan fisik dari suatu molekul.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button