Nusantara

Gubernur Banten Tegaskan Kebutuhan Air Minum di Perkotaan Harus Terpenuhi

INDOPOSCO.ID – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menegaskan kebutuhan air minum di perkotaan harus terpenuhi dari air permukaan waduk yang telah dibangun. Di Provinsi Banten telah dibangun Waduk Karian yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Proyek Strategis Nasional (PSN) sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Gubernur WH, dalam pembahasan Nota Kesepakatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air minum Regional Karian-Serpong Tahap I, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan di Hotel Aryaduta Lippo Village Jl. Boulevard Jenderal Soedirman No. 401, Kelapa Dua, Kota Tangerang, Senin (27/12/2021).

Dikatakan, Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan yang ditandatangani antara Dirjen Cipta Karya, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur, Pemprov Banten, Pemkot Tangerang, dan Pemkot Tangsel harus merupakan hasil kajian. Sehingga bisa ditindaklanjuti ke Perjanjian Kerja Sama (PKS) secara teknis.

“Kita mendukung program Presiden dalam penyediaan air minum. Pemerintah hadir dengan membangun Waduk Karian. Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah membangun Waduk Karian yang semuanya dibiayai oleh pemerintah pusat,” ujar Wahidin.

Wahidin mengatakan pentingnya pemanfaatan air permukaan agar tidak terjadi penurunan tanah.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengungkapkan, pada prinsipnya kesepakatan bisa ditindaklanjuti karena meneruskan kesepakatan yang sudah terbangun sebelumnya. Hal itu untuk meningkatkan pelayanan air minum di Kota Tangerang Selatan.

“Kewajiban kita penyediaan lahan 6.000 meter persegi yang ditindaklanjuti dengan anggaran lainnya. Harapannya Covid-19 tidak meledak lagi sehingga tidak terjadi refocusing untuk tidak lanjut,” pungkas Benyamin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button