Nasional

DGA Ajak Masyarakat Dunia Kenang 17 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh

INDOPOSCO.ID Diaspora Global Aceh (DGA) mengajak masyarakat Indonesia mengenang 17 tahun bencana gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan wilayah Aceh.

Salah satunya dengan mengelar Global Aceh Solidarity Forum “17 Years Aceh Tsunami: Global Solidarity for Humanity and Sustainable Development-An Aceh Model” secara langsung dan daring, di Jakarta, Minggu (26/12/2021).

Dewan Pengurus Pusat DGA, Mustafa Abu Bakar mengatakan, forum DGA ini menghadirkan tokoh dalam negeri dan luar negeri yang telah terlibat langsung mendukung sampai pasca-bencana. Seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil beserta Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi yang hadir secara langsung.

Baca Juga : Mengenang 17 Tahun Tsunami Aceh, BMKG: 230 Ribu Korban Tewas di 8 Negara

“Kami juga telah mengundang tokoh-tokoh dunia yang terlibat langsung dalam memberikan dukungan pasca tsunami dan membantu proses pemulihan Aceh. Di antaranya Presiden Turki, Erdogan dan perwakilan dari beberapa negara, seperti Singapura, Jerman, Australia, Jepang, dan Venezuela,” katanya.

Dia menjelaskan, peristiwa 17 tahun lalu menjadi kenangan pahit yang dirasakan rakyat Aceh. Karena tsunami itu telah menghancurkan wilayah Aceh dan Nias serta merenggut ratusan ribu nyawa manusia. Tak hanya itu, bencana tsunami juga telah mengakibatkan kerusakan infrastruktur di Aceh yang sangat parah dan merusak tatanan sosial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button