Nasional

Kementan Terapkan Sistem Manajemen Peran Hasil Kinerja ASN

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) RI terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM Pertanian, dengan menerapkan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari basis Poin Kegiatan menjadi Outcome (Hasil) guna mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. “Salah satu fokus kita, meningkatkan kualitas SDM, sehingga dengan SDM yang berkualitas, akan mendukung peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengaku tiada henti mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas kinerja SDM.

“Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM, karena SDM berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan penting yang dibutuhkan pertanian,” ujarnya.

Dalam upaya pengelolaan manajemen SDM khususnya ASN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8/2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Baca Juga: Komitmen Kementan Maksimalkan Program PHLN bagi Kesejahteraan Petani

Sebagaimana diketahui, hal itu ini merupakan perwujudan teknis dari Peraturan Pemerintah Nomor 30/2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) semula berbasis poin kegiatan, pada peraturan terbaru ini, berbasis outcome.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button