Nasional

Agar Ada Titik Terang, SIEJ Fasilitasi Info dan Data Deforestasi Hutan

INDOPOSCO.ID – Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia atau Society Environmental Indonesia Journalist (SIEJ) memfasilitasi diskusi publik informasi dan data tentang deforestasi hutan di Indonesia.

Ketua Umum SIEJ Rochimawati mengatakan, pihaknya memfasilitasi diskusi terkait perbedaan data dan informasi antara pemerintah dengan lembaga dunia yang melakukan penelitian terkait deforestasi di Indonesia agar menemukan titik terang perbedaan persepsi itu.

”Tujuan utama SIEJ adalah membangun jaringan jurnalis dan media untuk mendorong peliputan lingkungan yang kritis dan berpihak kepada kebenaran,” ujar Ochi, sapaan Rochimawati dalam rilis yang diterima di Sorong, Papua Barat, Sabtu (11/12/2021).

Krisis perubahan iklim di Indonesia membutuhkan dukungan besar khususnya dari pemerintah untuk menyelamatkan rakyat Indonesia, salah satunya adalah transparansi data untuk menekan laju deforestasi hutan melalui berbagai kebijakan.

Demikian benang merah yang tersampaikan dalam diskusi publik tentang informasi dan data deforestasi hutan di Indonesia. Langkah selanjutnya mengevaluasi perizinan penggunaan lahan untuk perkebunan sawit, HTI dan pertambangan, penguatan fungsi hutan dan lahan gambut, serta mengevaluasi proyek nasional yang dapat mengancam keberadaan hutan.

Kepala Kampanye Hutan Global Greenpeace Kiki Taufik yang hadiri dalam diskusi itu mengungkapkan, bahwa sejauh ini belum ada keseriusan dari Pemerintah Indonesia dalam hal menekan laju deforestasi.

Pemerintah selalu menganggap bahwa telah terjadi penurunan laju kerusakan hutan karena adanya kebijakan moratorium penggunaan hutan dan lahan gambut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button