Nasional

KemenKopUKM Dorong Merek Lokal Go Digital dan Go Global Bangkitkan Perekonomian Bali

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM mendorong merek atau jenema lokal bisa go digital dan go global sebagai salah satu upaya membangkitkan perekonomian masyarakat Bali.

Asisten Deputi Konsultasi Bisnis dan Pendampingan Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Destry Anna Sari dalam keterangannya, Kamis, 9 Desember 2021 mengatakan, kerja sama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan berbagai pihak dapat membangkitkan kembali usaha UMKM terdampak Covid-19 yang pada akhirnya mampu menggeliatkan UMKM dalam berkontribusi pada perekonomian nasional dan mengangkat produk UMKM di level internasional.

KemenKopUKM mendorong agar wirausaha tidak cukup hanya masuk pasar digital, namun menguasai pasar digital sehingga dapat menikmati nilai tambahnya,” kata Destry.

Hal ini sejalan dengan berbagai survei yang mencatat produk yang bertahan atau tumbuh adalah yang marketnya luas atau melalui pasar digital.

Menurut dia, selama pandemi sangat sulit mengajak pelaku UMKM masuk ke dalam dunia digital tercatat di awal tahun 2020 baru 8 juta on boarding. Di awal pandemi melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sejak Mei 2020 hingga September 2021 tercatat lonjakan nyata menjadi 16,4 juta.

Baca Juga: KemenKopUKM: Festival Diskon Nasional, Pacu Pemulihan Ekonomi

“Salah satu upaya untuk menjadikan produk local be digital adalah memiliki brand atau jenama yang kuat melekat,” katanya.

Ia menambahkan, Deputi Bidang Kewirausahaan melalui Asdep Konsultasi Bisnis dan Pendampingan melakukan Bimbingan Teknis Jenama Bagi Kewirausahaan Digital yang diselenggarakan pada beberapa waktu lalu di Anvaya Bali yang diikuti oleh 40 peserta Bidang Kuliner/F&B sebanyak 19 jenama, Bidang Fashion sebanyak 4 jenama, Bidang Kerajinan/Kriya sebanyak 15 jenama, dan Bidang Jasa sebanyak 2 jenama.

Destry Anna Sari menegaskan bahwa wirausaha lokal yang menguasai selera pasar lokal harus memiliki jenama yang kuat dengan memanfaatkan digitalisasi sehingga mampu menguasai pasar digital dan menggerakkan perekenomian Bali.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button