Nasional

Indonesia Kembali Calonkan Diri Jadi Anggota Dewan IMO

INDOPOSCO.ID – Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Arif Toha mengatakan bahwa Indonesia mempersiapkan diri sebagai calon anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2022–2023.

Dalam Sidang Majelis IMO ke-32 yang berlangsung mulai 6 hingga 15 Desember 2021, lanjutnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, salah satu agenda pentingnya adalah pemilihan anggota Dewan IMO.

“Sidang ini memiliki peran sangat strategis bagi Indonesia karena selain mencalonkan kembali sebagai anggota Dewan IMO, Indonesia juga akan menyampaikan General Statement dan intervensi- intervensi pada sidang Majelis ke- 32,” katannya, seperti dikutip Antara, Selasa (7/12/2021)

Arif menjelaskan, Majelis IMO merupakan lembaga tertinggi IMO yang terdiri dari seluruh anggota IMO berjumlah 175 negara (bertambah 1 negara dengan bergabungnya Bostwana di bulan Oktober 2021) dan 3 associate members yang bersidang setiap dua tahun sekali.

Baca Juga : Dihadiri 9 Negara, RI Dukung Program ASEAN dan PBB Tentang Isu Pelaut

Adapun pemilihan anggota Dewan tersebut akan dilaksanakan pada hari ke-5 (lima) Sidang Majelis IMO ke-32 yang jatuh pada hari Jumat tanggal 10 Desember 2021.

Selain acara pemilihan anggota Dewan tersebut, pada Sidang Majelis IMO ini, Menteri Perhubungan juga dijadwalkan akan memberikan General Statement Indonesia pada hari kedua sidang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button