Nasional

Komnas Perempuan Minta Kemenkes Kembangkan Panti Rehabilitasi Ramah Disabilitas

INDOPOSCO.ID – Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mengusulkan Kementerian Kesehatan agar meningkatkan fasilitas kesehatan termasuk rumah sakit jiwa dan panti rehabilitasi yang mudah diakses bagi penyandang disabilitas khususnya daerah- daerah yang masih sedikit fasilitas kesehatan.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengatakan perempuan dan anak perempuan dengan disabilitas memiliki kerentanan berangkap sebagai perempuan dan sebagai penyandang disabilitas.

“Kerentanan ini kerap bertumpuk dengan kerentanan-kerentanan lainnya terutama pendidikan yang rendah, kemiskinan, layanan kesehatan yang buruk dan stigma negatif dari masyarakat,” kata Andy, seperti dikutip Antara, Jumat (3/12/2021).

Kemenkes juga diminta agar memberikan layanan yang optimal dan inklusif terkait kesehatan reproduksi kepada para perempuan dan anak perempuan dengan disabilitas.

Menurut Andy, pihaknya menemukan anak perempuan disabilitas yang menjadi korban kekerasan seksual berada pada rentang usia 8-19 tahun. “Temuan ini menunjukkan bahwa usia terbanyak korban antara 8-19 tahun, dimana mereka berada pada masa pendidikan dasar dan menengah. Sebagian besar mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button