Nasional

Kementan: Pertanian Terpadu Tingkatkan Pendapatan Petani

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian RI (Kementan) saat ini tengah menggencarkan sistem pertanian Integrated Farming atau Pertanian Terpadu, khususnya untuk tanaman jagung.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian terpadu merupakan pola baru untuk memberikan nilai tambah bagi petani, sehingga dapat mengupayakan pendapatan lain dari sektor pendukung tanaman utamanya.

“Pertanian Terpadu merupakan pola satu areal banyak sektor yang bisa dimanfaatkan. Selain menopang tanaman utama petani, juga memberikan nilai tambah,” kata Mentan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menambahkan, Pertanian Terpadu mengintegrasikan beberapa komiditas.

Baca Juga: Kementan & Taipei Technical Mission Kembangkan Inovasi Pemasaran

“Sistem Pertanian Terpadu adalah sistem pertanian yang artinya di sana ada jagung, ada sayuran bahkan di situ ada kolam bisa juga ada lele, ada unggas,” tutur Dedi.

Harapannya, Pertanian Terpadu dapat memenuhi segala kebutuhan petani mulai dari tanaman, pupuk dan mampu meningkatkan SDM petani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button