Nasional

Menapaki Jalur Naik-Turun dan Sempit, Mensos Sambangi Korban Longsor di Bandung

INDOPOSCO.ID – Bencana tanah longsor di Kampung Cukang Genteng, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tak luput dari perhatian Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Kontur geografis Kampung Cukang Genteng yang berada di ketingggian dengan jalur yang sempit dan naik-turun tidak membuat Mensos dan rombongan meninjau lokasi tersebut.

Mensos memeriksa dari dekat rumah warga yang roboh diterjang longsor di Kampung Cukang Genteng RT 01/01, Desa Cukang Genteng, Kecamatan Pasir Jambu. Rumah warga yang roboh berdiri di kemiringan tebing. Rumah nahas ini satu-satunya yang roboh di antara rumah yang lain.

Didampingi Kadinsos Kabupaten Bandung Nina Setiana dan Kepala Desa Cukang Genteng Rosiman, Risma tampak menyusuri kampung yang padat penduduk tersebut sambil membagikan makanan kepada anak-anak. Mereka tampak sudah menunggu kedatangan Mensos dengan berjajar di sepanjang jalan.

Baca Juga : Tangani Pandemi Covid-19, Poltekesos Kemensos Berikan Layanan Psikososial

Dalam kesempatan tersebut, Mensos juga menemui keluarga korban dan berbincang-bincang singkat. Mensos menanyakan kronologis kejadian. Kepada keluarga korban, Risma menyampaikan ucapan bela sungkawa atas peristiwa yang menimpa keluarga korban dan meminta mereka bersabar dan tawakal.

Insiden longsor menyebabkan seorang anak balita di keluarga tersebut meninggal dunia. Sementara ayah dan ibunya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang dan kini sudah rawat jalan.

Mensos menyatakan, kedatangannya untuk menemui korban terdampak longsor dan memberikan santunan untuk anak yatim di sekitar lokasi. Terkait dengan kemungkinan Kemensos mendirikan lumbung sosial, pihanya masih melakukan kajian.

Baca Juga : Dua Anak Berkepala Kecil itu Menarik Perhatian Mensos Risma, Bantuan pun Mengalir

“Kita lihat dulu ya. Karena kondisinya berbeda (dengan daerah lain) kan? Nanti kalau dibutuhkan kita akan siapkan. Staf saya masih akan merundingkan kemungkinan itu,” kata s Risma kepada awak media di lokasi longsor di Kampung Cukang Genteng, Senin (29/11/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button