Nasional

Dua Anak Berkepala Kecil itu Menarik Perhatian Mensos Risma, Bantuan pun Mengalir

INDOPOSCO.ID – Kondisi kakak beradik Rudi (18) dan Rosidi (11) yang menderita mikrosefalus di Jember, Jawa Timur menarik perhatian Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Mensos dan rombongan melakukan kunjungan ke kediaman kedua anak tersebut di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember pada Minggu (28/11/2021). Kehadiran Risma langsung disambut orang tua mereka, Syaiful Sayidi dan Maryam.

Mikrosefalus atau mikrosefali (microcephaly) merupakan kondisi langka di mana kepala bayi berukuran lebih kecil dari ukuran kepala bayi normal. Mikrosefalus juga ditandai dengan ukuran otak yang menyusut serta tidak berkembang dengan sempurna.

Dalam pertemuan dengan Mensos, Syaiful dan Maryam menceritakan, pada saat lahir, dua anak mereka dalam kondisi normal. Namun dalam perkembangannya, terjadi kelainan pada ukuran kepala yang mengecil. Kedua anak ini juga terganggu pada kemampuan motorik dan kognitifnya.

Untuk pasangan keluarga kurang mampu ini, Mensos Risma memberikan bantuan untuk kebutuhan kesehatan, bantuan ekonomi, dan aksesibilitas. Untuk meningkatkan aksesibilitas, Mensos Risma akan mengirimkan kursi roda yang dirancang khusus untuk sang adik.

Mensos Bu Risma
Menteri Sosial Tri Rismaharini Melihat Sejumlah Bantuan, Salah Satunya Ayam. Foto : Humas Kemensos

Sebab, kondisi sang adik tidak bisa berjalan dan pandangan matanya terbatas, sehingga harus digendong. “Kalau tidak dibantu dengan kursi roda, orang tuanya tidak bisa beraktifitas normal. Karena itu, kami memberikan bantuan alat, nanti masih harus kita sesuaikan. Kita akan buat kursi khusus yang sesuai, sehingga bisa lebih nyaman untuk anak,” ujar Risma.

Untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mereka, Kementerian Sosial (Kemensos) akan mengkoordinasikan dengan pihak terkait. Ini agar kedua anak tersebut dapat diberikan terapi dan obat-obatan. Tidak kalah penting juga perlu diberikan nutrisi yang cukup, terutama untuk meningkatkan fungsi otak kedua anak tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button