Nasional

Efektivitas Vaksin terhadap Varian Baru Masih Diteliti

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan efektivitas vaksin Covid-19 yang saat ini tersedia terhadap varian baru Omicron masih dalam tahap penelitian.

“Untuk efektivitas vaksin, Badan Kesehatan Dunia (WHO) bekerja dengan banyak ilmuwan untuk memahami dampak varian ini pada vaksin Covid-19. Sejauh ini belum ada data yang konklusif,” kata Reisa dalam Siaran Sehat Bersama Dokter Reisa bertajuk Apakah Vaksin Covid-19 Tetap Ampuh di 2022 yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Reisa menjelaskan saat ini WHO bersama para pihak terkait sedang melakukan kajian lebih lanjut mengenai varian Omicron atau B 1. 1.529 kaitannya dengan vaksinasi yang sedang digencarkan saat ini.

Baca Juga : Epidemiolog: Varian Omicron 500 Kali Lebih Cepat Menular

“Apabila varian baru itu dinyatakan lemah, maka vaksin yang tersedia kini masih sangat efektif dan berguna untuk mencegah terjadinya perburukan gejala akibat berbagai macam varian Covid-19,” ujarnya.

Namun, bila kajian dari varian Omicron menyatakan varian itu lebih kuat, maka pemerintah perlu mempertimbangkan pemberian vaksin booster kepada masyarakat maupun memperbarui segala macam vaksin yang ada.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button