Nasional

Pengendalian Covid-19 Luar Negeri Pembelajaran Turunkan Kasus

INDOPOSCO.ID – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan beberapa hal positif pengendalian Covid-19 di luar negeri, seperti India, Filipina, Iran, dan Jepang dapat ditarik sebagai pelajaran.

“Agar penurunan kasus Indonesia dapat terus dipertahankan, dan kenaikan kasus yang mulai terjadi di beberapa daerah dapat segera dikendalikan,” ujar Wiku dalam konferensi pers Perkembangan Penanganan Covid-19 yang diikuti dari Jakarta melalui Youtube BNPB Indonesia, Kamis (25/11/2021).

Pembelajaran tersebut, yang pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, walaupun dengan detail aturan yang berbeda-beda di setiap negara.

Baca Juga : Cakupan Vaksinasi di Kabupaten Tangerang Mencapai 79,2 Persen

Belajar dari India, pembatasan aktivitas konsisten dilakukan walaupun kasus turun. Setelah turun, pembatasan ini, bahkan dilakukan pada periode keramaian keagamaan dengan membatasi interaksi sosial dalam lingkup satu rumah saja.

“Indonesia perlu berhati-hati dalam melakukan pembukaan bertahap mengingat sebentar lagi akan masuk ke periode Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Belajar dari Filipina, pembatasan kegiatan masyarakat perlu dilakukan dengan segera begitu kasus menunjukkan kenaikan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dimohon untuk tanggap terhadap kondisi di daerah masing-masing utamanya daerah yang kasusnya mengalami kenaikan. “Mohon segera melakukan upaya pengendalian kasus sebelum terlambat,” ucapnya.

Baca Juga : Kombinasi Varian Covid Lahirkan Varian Tangguh di AS

Yang kedua, peningkatan cakupan vaksinasi dosis lengkap juga dilakukan oleh keempat negara tersebut. Di Jepang, bahkan sudah berhasil mencapai 70 persen dari populasi, sementara Iran berhasil mencapai 50 persen dari populasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button