Nasional

Komisi II Minta Mendagri Segera Tetapkan Tanggal Pemilu

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menjalankan arahan Presiden Joko Widodo agar segera menetapkan tanggal Pemilu 2024.

“Mengenai tanggal pemungutan suara Pemilu 2024, Presiden Joko Widodo sebagaimana disampaikan Menkopolhukam RI Mahfud MD pada 23 September 2021 meminta agar segera ditetapkan tanpa terpengaruh isu amandemen UUD 1945, perpanjangan jabatan dan sebagainya,” kata Luqman di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Menurut dia, presiden juga memberi arahan kepada KPU agar rancangan tahapan dan jadwal Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan di Februari 2024 disertai dengan rancangan pembiayaan yang efisien.

Baca Juga : PRIMA, Partai Baru di Banten Siap Ikut Pemilu 2024

Dia menjelaskan arahan tersebut diberikan Presiden Jokowi pada saat menerima audiensi tujuh anggota dan Sekretaris Jenderal KPU pada 11 November 2021.

“Dari dua fakta di atas, menurut saya posisi dan sikap presiden clear, bahwa pemilu harus tetap dilaksanakan pada 2024 dan oleh karenanya presiden minta agar tanggal pemilu segera ditetapkan dan diumumkan kepada masyarakat,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button