Nasional

KPK Terima Pengembalian Sejumlah Uang Kasus Izin HGU Sawit di Kuansing

INDOPOSCO.ID -Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pengembalian sejumah uang dari beberapa pihak terkait kasus suap perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada Indoposco.id, Senin (8/11/2021) menjelaskan penerimaan sejumlah uang dari beberapa pihak itu terjadi ketika tim melakukan pemeriksaan saksi selama dua hari berturut-turut yakni pada Jumat (5/11/2021) dan Kamis (4/11/2021).

Para saksi yang diperiksa selama dua hari, kata Ali, jumlahnya 20 orang yang terdiri dari sejumlah pejabat di Kantor Wilayah Badan Pertanahan (Kanwil BPN) Provinsi Riau, sejumlah kepala desa, camat, pihak swasta dan sejumlah saksi terkait lainnya.

Namun, Ali tidak memerinci jumlah uang yang telah dikembalikan beberapa pihak itu kepada tim penyidik KPK.

“Seluruh saksi hadir dan tim penyidik terus melakukan pendalaman, antara lain terkait dengan pengurusan HGU sawit oleh PT Adimulia Agrolestari yang dilakukan oleh tersangka Sudarso (SDR) yang diduga dalam pengurusan tersebut terdapat aliran sejumlah dana ke berbagai pihak termasuk kepada tersangka Andi Putra (AP),” ujar Ali.

Selanjutnya, kata Ali, KPK berharap agar pihak-pihak lain yang akan dipanggil oleh tim penyidik juga kooperatif untuk menerangkan secara jujur dan membantu proses penyidikan perkara ini.

Untuk diketahui, Bupati Kuansing, Andi Putra dan General Manager PT. Adimulia Agrolestari, Sudarso terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Riau, Senin (18/10/2021) malam.

KPK secara resmi mengumumkan status tersangka terhadap kedua orang tersebut, pada Selasa (19/10/2021) malam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button