Nasional

Mantu-mantu Beken di Lingkaran Kekuasaan

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal Tentara nasional Indonesia (TNI) Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Ia akan menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berdasarkan Surpres Nomor R-50/Pres/10/2021.

Andika Perkasa yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Pangkostrad merupakan menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara, A.M. Hendropriyono. Ia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak tanggal 22 November 2018.

Munculnya nama Andhika tidak akan mengejutkan publik. Sejak akhir tahun lalu, namanya sudah beredar luas sebagai calon Panglima TNI. Ini sangat dimaklumi mengingat pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964 itu adalah perwira nomor satu di matra terkuat, yakni Angkatan Darat.

Tak hanya hebat di militer, Andika juga diketahui memiliki empat gelar dari perguruan tinggi di Amerika Serikat. Gelar tersebut yakni satu gelar PhD dan tiga gelar master yakni M.A, M.Sc, M.Phil. Di samping itu, ia juga mengantongi gelar S.E. dari perguruan tinggi dalam negeri.

Namun, mantu beken Tanah Air yang ada di pusaran kekuasaan bukan hanya menjadi status Andika Perkasa seorang. Ada beberapa nama lain yang juga merupakan menantu-menantu terkenal dari petinggi-petinggi negara yang kini sedang digadang-gadang menempati posisi vital di republik ini atau pun sudah berstatus pejabat.

Dari Istana Wapres ada nama Muhammad Rapsel Ali. Rapsel Ali merupakan menantu Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin. Saat ini, politisi NasDem itu tercatat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI.

Selain sebagai anggota DPR RI, Rapsel juga memegang sejumlah jabatan dalam organisasi kemasyarakatan, termasuk sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna, Dewan Penasihat Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024, Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, serta Presiden Pertamina Mandalika SAG Racing Team Indonesia yang kini mengikuti Kejuaraan Dunia Moto2.

Bukan itu saja, sejak 2019 Rapsel menjabat Ketua Umum Perkumpulan Pemilik Senjata Beladiri Indonesia (Perlisindo) serta Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009.

Rapsel juga merupakan mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sulawesi Selatan, Ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri Indonesia (Ardin) Sulawesi Selatan, pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo), dan Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button