Nasional

Ketum Masika ICMI: Cendikiawan Muslim Harus Manfaatkan Teknologi untuk Berdakwah

INDOPOSCO.ID – Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (Masika ICMI) siap hijrah dari segala aktivitas manual ke aktivitas berbasis teknologi informasi. Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Umum Masika ICMI Ismail Rumadan melalui gawai, Senin (1/11/2021).

Ia menuturkan, perubahan cepat terjadi di masyarakat, baik perkembangan interaksi sosial masyarakat hingga gaya komunikasi. Ini tentunya, harus disikapi Masika ICMI secara bijak.

“Perubahan masyarakat saat ini sangat signifikan, dampak dari perkembangan teknologi dan informasi,” ujarnya.

Menurut Ismail, hal itu menjadi tantangan bagi Masika ICMI ke depan. Dengan memanfaatkan media teknologi dan informasi sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dakwa dalam rangka fastabukul khairat. (berlomba-lomba untuk menabur kebajikan).

“Sadar atau tidak dalam era distrupsi digital saat ini, antara hak dan bathil itu saling bertaruh dan saling kejar mengejar. Kecepatan pergerakan bathil bahkan terkadang lebih cepat dari pergerakan hak,” terangnya.

“Dalam era digital saat ini kebatilan bahkan dikemas sedimikian rupa. Sehingga kita tidak sadar, dan tidak dapat membedakan mana suatu informasi yang baik dan mana informasi yang sesat dan menyesatkan,” imbuhnya.

Ia menegaskan, sebagai cendikiawan muslim, mereka harus dapat mengemas informasi sedemikian rupa. Agar tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan amar ma’ruf dan nahi mungkar bisa dilaksanakan dengan baik dan mampu dicerna oleh masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button