Nasional

DPR Minta Buruh Bijak Sikapi Kenaikan Upah 2022

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo menuturkan, kenaikan upah minimum (UM) 2022 hak para buruh. Wajar, apabila mereka menuntut kenaikan UM 2022. Sebab, tahun 2021 (tahun ini) tidak ada kenaikan UM.

“Kalau buruh minta kenaikan UM 2022 itu wajar, kan tahun ini tidak ada kenaikan,” ujar Rahmad Handoyo melalui gawai, Minggu (31/10/2021).

Kendati demikian, kenaikan UM harus menyesuaikan kondisi pengusaha. Sebab, menurut Rahmad, pandemi Covid-19 berdampak besar pada perekonomian nasional. Saat ini saja kondisi perekonomian baru saja pada tahap penyesuaian.

“Kalau bicara angka kenaikan UM semua pihak (buruh dan pengusaha serta pemerintah) harus bijak. Meskipun kasus melandai, pandemi saat ini belum reda. Perekonomian kita juga masih pada tahap penyesuaian dan perbaikan,” terangnya.

Untuk itu, dikatakan Rahmad, besaran UM harus dibicarakan dalam dialog bersama antara pemerintah, buruh dan pengusaha. Pasalnya, untuk menemukan angka kenaikan UM yang ideal menurut semua pihak sangatlah sulit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button