Nasional

Kominfo Berdayakan BUMDes lewat Konektivitas Digital

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung penuh transformasi digital Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan membangun infrastruktur telekomunikasi untuk pemerataan konektivitas digital.

“Melalui fasilitas teknologi informasi dan komunikasi, hilirisasi dari digitalisasi kita harus dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi dalam negeri kita, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah, ultramikro, BUMDes, dan koperasi,” ucap Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Anang Latif, dalam siaran pers, dikutip Sabtu (30/10).

BAKTI bekerja sama dengan BUMDes untuk menciptakan desa mandiri, oleh karena itu diperlukan infrastruktur telekomunikasi agar pelaku UMKM di desa bisa mengembangkan usahanya.

Baca Juga : Riset Terapan Vokasi Dorong Peningkatan Kualitas BUMDes

“Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong BUMDes dan juga UMKM desa untuk mendigitalisasikan bisnisnya, mengembangkan pasar mereka dan menggunakan infrastruktur yang sudah dibangun oleh BAKTI,” ujar Anang.

Program pemberdayaan BUMDes ini dipandang relevan dengan agenda pembangunan berkelanjutan(SDGs), yaitu membangun berdasarkan hak asasi manusia sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal.

Kerja sama ini direalisasikan dengan pelatihan dan pendampingan memakai aplikasi toko dalam jaringan BUMDesmart bagi UMKM lokal dan BUMDes. Pelatihan ini juga melibatkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Baca Juga : Pendaftaran BUMDes sebagai Badan Hukum Dimulai, Berikut Tata Caranya

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button