Nasional

Asistensi UMKM dan Kawasan Berikat, Bea Cukai Pacu Perkembangan Ekspor Nasional

INDOPOSCO.ID – Menajalankan fungsi utama sebagai Industrial Assistance, Bea Cukai terus memberikan kemudahan dan pendampingan kepada pelaku usaha di berbagai daerah. Upaya ini dilakukan salah satunya dengan asistensi dan perizinan fasilitas sebagai wujud dukungn Bea Cukai terhadap kemajuan ekspor nasional.

“Asistensi merupakan salah satu upaya kami dalam memberikan dorongan kepada para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Kami siap membantu memberikan solusi atas kendala yang dihadapi. Selain itu, jika semua syarat terpenuhi, kami siap memberikan berbagai fasilitas kepabeanan, ini pasti akan membantu,” ujar Tubagus Firman, Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

DI wilayah Jawa Timur, Bea Cukai Kediri bersama Bank Jatim cabang Kediri dan Paguyuban Kelud Mandiri, melakukan kunjungan dan asistensi ke UMKM industri rumahan kerupuk puli di Desa Jantok, Kecamatan Purwoasri dan rumah produksi batik tulis dan cetak di Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kamis (21/10).

Wahyu, pemilik usaha Krupuk Puli Jawa, mengungkapkan bahwa kunjungan dan asistensi kali ini sangat bermanfaat bagi perkembangan usahanya.”Saya harap kegiatan ini dilakukan secara rutin dan merata kepada para pelaku UMKM di Kediri khususnya. Karena dengan kunjungan ini, kami sadar bahwa usaha ini dapat dikembangkan ke pasar yang lebih luas, bahkan ekspor,” imbuhnya.

Kemudian, Bea Cukai Sidoarjo melakukan asistensi ke 2 UMKM di wilayahnya. Di Tanggulangin, asistensi dilakukan ke galeri Morfby. Galeri Morfby merupakan salah satu UMKM penghasil produk kerajinan kulit ukir dengan menggabungkan keterampilan menjahit, mengukir, dan melukis. Dengan ciri khas tersebut, produk ini telah banyak diminati oleh konsumen baik lokal maupun mancanegara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button