Nasional

Kemajuan Teknologi dan Sumber Daya Pengaruhi Masa Depan

INDOPOSCO.ID – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia, Agus Widjojo menyebutkan, perkembangan atau kemajuan teknologi, pandemi, politik, kesenjangan sosial, kekurangan sumber daya, akan mempengaruhi masa depan manusia dan kemanusiaan.

“Hal ini juga menimbulkan adanya dominasi agama terhadap teknologi dan juga adanya perkembangan ide-ide keagamaan,” kata Agus saat membuka acara Jakarta Geopolitical Forum V/2021 yang diselenggarakan Lemhannas secara “offline” dan daring, di Jakarta, Kamis (21/10).

Menurut dia, pemikiran” post modernism” telah terevolusi dan merevolusi pemikiran manusia, dimana membuat manusia menjadi berpikir secara lebih rasional dan pragmatis.

Baca Juga : Indonesia Optimistis Memasuki Masyarakat 5.0

Realita palsu bisa juga dibuat atau dipancing oleh teknologi yang membantu orang lebih memiliki imajinasi yang lebih kuat dengan adanya penggunaan teknologi “artificial”.

“Jadi, kemajuan dari ilmu pengetahuan dan teknologi punya dampak yang besar terhadap peradaban manusia,” ucap Agus.

“Kita telah mencapai titik dimana kita harus menentukan masa depan kita apakah akan lebih bersatu atau lebih terpecah-pecah dan pilihan-pilihan yang ada di hadapan kita akan terkait dengan pencapaian tujuan universal melalui harmonisasi dua sudut pandang yang saling bertentangan,” tambahnya.

Untuk mengaitkan dua sudut pandang itu, kata Agus, harus ada analisis dan bukti bahwa kemanusiaan harus tetap menjadi prioritas di setiap kejadian.

“Toleransi harus menjadi konsep utama karena subyek dan obyek akan terus berinteraksi,” kata Agus dalam siaran persnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button