Nasional

Kemendikbud: 38,6 Persen Sekolah di Indonesia Siap PTM

INDOPOSCO.ID – Koordinator Fungsi Peserta Didik, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kemendikbudristek, Rika Rismayati, menyebutkan sekitar 38,6 persen atau 82.624 sekolah untuk seluruh jenjang pendidikan di Indonesia per 19 Oktober 2021 siap melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri bahwa sudah mulai bisa mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas. Kementerian juga sudah menyiapkan panduan terkait bagaimana sekolah dalam melaksanakan PTM,” ucap Rika saat webinar mengenai kesiapan kembali ke sekolah pada Selasa.

Ia mengatakan beberapa pengelola kebutuhan menggenggam tanggung jawab terkait dengan PTM, mulai dari kepala dinas pendidikan, kepala satuan pendidikan atau sekolah, hingga Satgas Covid-19. Seluruh tanggung jawab setiap pihak, tutur Rika, telah dipaparkan dalam bimbingan yang dikeluarkan Kemendikbudristek.

Rika mengatakan tim Satgas Covid-19 di satuan pendidikan harus mempunyai 3 bagian yang terdiri dari tim pembelajaran, psikososial, dan tata ruang tim kesehatan, kebersihan, dan keamanan serta tim pelatihan dan humas. Mereka akan memantau seluruh kegiatan dan kebutuhan protokol kesehatan di sekolah.

Tidak hanya Satgas COVID-19, Rika juga menekankan berartinya guna dan peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah ada agar dioptimalkan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. UKS sendiri sudah mempunyai 3 pilar utama mencakup pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan lingkungan sehat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button