Nasional

Dokter Ingatkan Pentingnya Skrining dan Deteksi Dini Kanker Payudara

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis bedah onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Bob Andinata mengatakan, penderita kanker payudara memiliki harapan besar untuk sembuh total jika penyakit tersebut terdeteksi sejak awal sehingga skrining dan deteksi dini penting dilakukan.

“Dengan deteksi dini, kita bisa menemukan kanker di stadium awal. Angka kesembuhan tinggi dan biaya yang dikeluarkan juga lebih kecil,” tutur dr. Bob dalam webinar “Quality of Life After Breast Cancer”, Jumat.

Jika ditemukan kanker payudara stadium 0, dr. Bob mengatakan angka kesembuhannya bisa mencapai 99-100 persen. Sedangkan kanker stadium 1, angka kesembuhannya 95-99 persen.

“Kita berharap dengan skrining ditemukan kanker yang stadium 0-1. Tidak usah takut. Pasca menjalani treatment yang tepat, angka kesembuhannya tinggi,” ujar dr. Bob.

Namun, bila kanker ditemukan sudah berada di stadium 2, maka angka kesembuhannya menurun menjadi 70-80 persen. Sebaliknya angka kepulihan bagi stadium 3 adalah 50 persen dan stadium 4 hanya 20 persen, tutur dr. Bob.

dr. Bob kemudian menarangkan, deteksi dini dapat dilakukan dengan SADARI(Periksa Payudara Sendiri) setiap hari ketujuh hingga ke- 10 dari hari pertama haid dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis) dengan bantuan tenaga kesehatan.
“Kalau sudah menopause, diingat-ingat lagi biasanya haid setiap tanggal berapa, apakah di awal, di pertengahan, atau di akhir bulan,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button