Nasional

Kementan Kembangkan Food Estate Hortikultura di Wonosobo

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian gencar mengembangkan food estate di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Wonosobo, kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura Tommy Nugraha.

“Setelah Kalimantan, NTT dan Sumatera, Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian RI kini berupaya menggarap Pulau Jawa sebagai food estate holtikultura,” ujar Tommy usai bertemu Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat di Wonosobo, Kamis.

Ia mengatakan pertemuan hari ini dengan bupati dan barisan Pemkab Wonosobo untuk menyampaikan niat Kementerian Pertanian meningkatkan usaha budi daya tanaman holtikultura dengan konsep pertanian sebagai sistem industrial yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, modal serta organisasi dan manajemen modern atau terkenal diketahui dengan food estate.

Bagi ia pihaknya memilih Wonosobo dengan pertimbangan kondisi geografisnya sesuai untuk meningkatkan tanaman hortikultura, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kentang, dan pembenihan cabai.

Melalui pertanian bentuk food estate tersebut, tuturnya pemerintah berusaha menjaga agar harga produk pertanian terjaga stabil dan tidak sampai menimbulkan kerugian bagi petani.

“Kami dari Kementan berperan membawa off taker atau pembeli yang menjamin agar harga produk yang dihasilkan petani pada saat panen benar-benar sesuai dengan kesepakatan sehingga tidak terjadi lagi namanya petani rugi gara-gara harga jual tidak seimbang dengan harga produksi saat tanam,” ungkap Tommy.

Ia menyampaikan pemilihan lokasi lahan tanam diserahkan kepada pemerintah daerah. Di Pulau Jawa, tidak hanya di Wonosobo proyeksi food estate holtikultura juga akan dikembangkan di Garut, Temanggung, dan Bantul.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan sebutan baru food estate ini akan meningkatkan optimisme dan harapan baru terhadap produksi pertanian di Kabupaten Wonosobo yang selama ini menjadi salah satu sektor utama penopang perekonomian daerah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button