Nasional

Ayo Masyarakat Miskin Masih Ada 9.746.317 Usulan Baru PBI JK

INDOPOSCO.ID – Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan kesempatan daerah untuk mengisi 9.746.317 usulan baru terkait Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) untuk mengisi kuota nasional.

Adapun kuota nasional yang diberikan pemerintah sebanyak 96,8 juta, dan usulan baru diberikan untuk perbaikan data yang belum padan dengan Dukcapil, pekerja enam bulan setelah pemutusan hubungan kerja (PHK), korban bencana, bayi baru lahir, dan migrasi dari PBI daerah.

“Jadi masyarakat miskin atau tidak mampu yang belum menerima bantuan tidak perlu berkecil hati. Ini kesempatan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan dapat diusulkan melalui SIKS-NG oleh pemerintah daerah,” kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Masyarakat juga bisa memonitor melalui fitur “usul” dan “sanggah” pada aplikasi CekBansos apakah namanya sudah terdaftar.

Risma mengharapkan pemerintah daerah segera dapat melakukan verifikasi dan validasi terhadap 12.633.338 data, dan segera mengusulkan calon peserta PBI JK melalui SIKS-NG.

Menurut dia, bila proses pemadanan data berjalan baik, sangat mungkin jumlah data yang tidak pada akan semakin sedikit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button