Nasional

Pentingnya Kesadaran Masyarakat Lindungi Laut Indonesia dari Sampah

INDOPOSCO.ID – Kondisi ekosistem laut di Indonesia kian memprihatinkan. Banyak kerusakan yang terjadi akibat ulah manusia itu sendiri. Salah satunya, akibat meningkatnya sampah plastik.

Menurut Lebreton dalam River Plastic Emissions to The World’s Oceans (2015), masalah sampah di Indonesia umumnya disebabkan aktivitas antropogenik dari darat masuk ke laut melalui sungai-sungai yang ada.

Data menunjukkan, sebanyak 80 perden sampah laut berasal dari sampah yang dihasilkan di daratan yang berasal dari kegiatan antropogenik manusia. Sementara itu, sampah asli dihasilkan dari aktivitas laut sendiri hanya sejumlah 20 persen.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, bahwa pentingnya prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

“Kondisi-kondisi seperti ini perlu kita kelola dengan baik, direfleksikan dalam langkah-langkah komunikasi, informasi, dan penyadar-tahuan atau edukasi (KIE),” kata Septriana Tangkary dalam keteranganya, Sabtu (25/9/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button