Nasional

Bea Cukai Soekarno-Hatta Fasilitasi Impor Perdana 500 Ribu Dosis Vaksin Janssen

INDOPOSCO.ID – Indonesia kembali menerima vaksin jenis baru pada hari Sabtu (11/09), demi memenuhi target vaksinasi masyarakat. Sebanyak 500.000 dosis vaksin Janssen diperoleh atas kerja sama dengan Pemerintah Belanda. Terhadap importasi vaksin tersebut, Bea Cukai Soekarno-Hatta berikan layanan percepatan dan fasilitas fiskal.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan vaksin tersebut diimpor oleh Direktorat Tata Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan, Kementerian Kesehatan menggunakan maskapai Singapore Airline SQ 956. Vaksin ini menurutnya juga membutuhkan suhu rendah untuk tetap terjaga kualitasnya. “Bea Cukai Soekarno-Hatta dengan sigap memberikan fasilitas berupa penanganan segera atau rush handling, yaitu pelayanan kepabeanan yang diberikan atas barang impor tertentu yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari kawasan pabean atau bandara,” ujar Finari.

Selain rush handling, Bea Cukai Soekarno Hatta juga memberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk dan/atau cukai dan PPN, serta tidak dipungut PPh Pasal 22 Impor, sebagai bentuk implementasi dengan Peraturan Menteri Keuangan no PMK-188/PMK.04/2020, tentang impor barang penanganan Covid-19.

‚ÄúDengan datangnya vaksin baru, yaitu Janssen, dan vaksin lainnya yang akan datang, pemerintah optimis dapat mempercepat laju vaksinasi. Tentunya kami akan terus menjamin kelancaran proses impor vaksin berikutnya dan aktif berkontribusi dalam memfasilitasi setiap impor vaksin demi menyukseskan program pemerintah dalam pelaksanaan dan distribusi vaksin,” tegas Finari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button