Nasional

Ini Syarat Ideal Rumah Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri

INDOPOSCO.ID – Penularan Covid-19 menjadi atensi serius dari pemerintah. Sudah banyak masyarakat meninggal usai terpapar, terutama yang memiliki komorbid.

Pencegahan harus dilakukan sedini untuk meminimalisir penularan. Orang yang tertular mengalami gejala yang berbeda-beda. Biasaya, gejala berat dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 dan gejala ringan diisolasi.

Seiring dengan melonjaknya kasus penularan, rumah bisa dijadikan tempat isolasi mandiri (isoman). Namun idealnya, kondisi ruangan harus memiliki syarat tertentu agar tidak menularkan kepada anggota keluarga.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mengatakan, petugas posko wajib mengetahui situasi warga yang melakukan isoman. Hal tersebut bertujuan agar isoman berjalan dengan baik, tidak justru menularkan kepada anggota keluarga yang lain serta untuk penanganan yang lebih baik.

“Mereka yang melakukan isoman merupakan warga yang tidak bergejala atau bergejala ringan. Kemudian umurnya di bawah 46 tahun. Rumahnya memenuhi syarat untuk isoman,” katanya saat meninjau tempat isolasi terpusat di Kota Banda Aceh, Ahad (29/8/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button