Nasional

DPR Pertanyakan Pembabatan Hutan Lindung di Manggarai Barat

INDOPOSCO.ID – Komisi IV DPR RI mempertanyakan pembabatan hutan lindung yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Hutan Lindung Bowosie yang berlokasi di Satar Kodi, Desa Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Anggota DPR RI Yohanis Fransiskus Lema, Jumat (27/8/2021) mengatakan terkait hutan lindung itu sudah dibahas dengan KLHK saat raker Komisi IV dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada Kamis (26/8).

“Proyek KLHK serta Kemenpar itu harus dipertanyakan. Pasalnya, berbagai jenis pohon endemik dengan usia yang tidak muda harus dikorbankan,” tuturnya seperti dikutip Antara, Jumat (27/8/2021).

Baginya tidak tepat membangun “pariwisata impor” dengan cara menanam pohon ataupun bunga yang diimpor dari luar negeri dengan tujuan mempercantik bukit-bukit sekitar Labuan Bajo. Hal ini jelas sangat berisiko dalam perspektif ekologis karena merusak keseimbangan alam. Tidak hanya itu, juga penebangan pohon merupakan kabar buruk untuk masyarakat Labuan Bajo.

Ini dikarenakan lokasi penebangan hutan sangat dekat dengan lokasi mata air serta hutan Bowosie merupakan harapan satu- satunya wilayah tangkapan air di Labuan Bajo. “Saat ini saja, 14 mata air sudah kering total karena pembangunan masif di wilayah itu, serta pembabatan ini akan semakin berdampak,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button