Nasional

Soal Remisi Koruptor, Pengamat: Itu Bisa Atas Pertimbangan, Hak Sama di Mata Hukum

INDOPOSCO.ID – Pengamat Hukum Masthuro mengatakan, remisi bagi narapidana teroris dan koruptor diberikan dengan mempertimbangkan rasa keadilan di mata hukum. Sebab, menurut dia, dalam undang-undang dasar (UUD) 1945 disebutkan semua warga negara memiliki kedudukan sama di mata hukum.

“Pemerintah tentu memiliki pertimbangan lain (tidak membedakan hak warga negara), seperti asas keadilan di mata hukum untuk mengeluarkan remisi bagi narapidana koruptor dan terorisme,” ujar Masthuro melalui gawai, Sabtu (21/8/2021).

Ia menyebut, remisi diberikan kepada narapidana dengan pertimbangan mereka telah menjalani masa hukuman dua pertiga, memiliki perilaku yang baik dan menyesali perbuatannya. Remisi, menurut dia diberikan pemerintah saat momentum tertentu seperti HUT kemerdekaan RI, Hari Raya keagamaan dan lainnya.

“Setiap penerapan kebijakan (remisi bagi korupsi dan terorisme) menuai pro-kontra itu wajar saja. Pasti ada like and dislike,” katanya.

Terakhir dia berpesan kepada pemerintah agar lebih hati-hati mengeluarkan remisi bagi narapidana. Dan tidak harus setiap tahun mengeluarkan remisi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button