Nasional

Pandemi Dorong Percepatan Terciptanya e-Governance

INDOPOSCO.ID – Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan penggunaan dan perkembangan teknologi yang pesat di masa pandemi Covid-19 dapat mendorong percepatan terciptanya e-governance di Indonesia.

Sebagai informasi, e-governance atau sistem pemerintah berbasis elektronik adalah pengaplikasian TIK untuk penyampaian layanan pemerintah, pertukaran informasi, transaksi komunikasi, integrasi berbagai sistem yang berdiri sendiri antara government-to-citizen (G2C), government-to-business (G2B), government-to-government (G2G), government-to-employee (G2E) serta proses dan interaksi back- office dalam seluruh kerangka kerja pemerintah.

“Di sisi positifnya, pandemi mendorong masyarakat untuk mengadaptasi teknologi dengan cepat. Misalnya saja belajar dan bekerja dari rumah, hingga tanda tangan elektronik yang dapat mempermudah terciptanya e-governance dan mendorong ekosistem e-governance itu sendiri,” kata Hammam dalam acara yang digelar virtual, Sabtu (21/8), dikutip dari Antara.

Ia mencontohkan penggunaan tanda tangan elektronik sendiri adalah untuk implementasi teknologi digital secara penuh. Proses tanda tangan secara manual dikurangi secara progresif.

Sistem e-governance ini pun diatur dalam Perpres Nomor 95 Tahun 2018, dimana BPPT ditunjuk untuk mengkoordinir pelaksanaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button