Nasional

Kemenkes: Kepatuhan Warga Sumbar terhadap Prokes Rendah

INDOPOSCO.ID – Staf Ahli Menteri Kesehatan Dr Andani Eka Putra menilai kepatuhan masyarakat Sumatera Barat dalam melaksanakan protokol kesehatan amat rendah.

“Padahal dalam penanganan pandemi pencegahan di hulu dengan melaksanakan protokol kesehatan jauh lebih baik dibanding di hilir berupa penanganan pasien yang sudah terpapar di rumah sakit,” tutur dia di Padang, Kamis (19/8).

dia menyatakan hal itu pada sharing session Pengendalian Pandemi Covid-19 di Sumbar diselenggarakan oleh Ombudsman perwakilan Sumbar secara daring.

Berita Terkait

Menurut Kepala Laboratorium Diagnostik serta Riset Terpadu Penyakit Infeksi Kedokteran Universitas Andalas itu, pelaksanaan protokol kesehatan yang rendah terlihat jelas di tempat umum mulai dari tempat wisata, pusat perbelanjaan, rumah makan, restoran serta pasar hingga tempat ibadah tidak ada yang melaksanakan prokes.

“Termasuk warga yang melakukan kegiatan sehari- hari di luar kantor pemerintah tidak ada yang melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, sama-sama dapat dilihat tampak di mata,” ucapnya.

Padahal menurutnya disiplin pelaksanaan protokol kesehatan merupakan kunci pertama pengendalian pandemi Covid-19.

“Untuk itu perlu membangun edukasi serta pemahaman masyarakat soal pentingnya melaksanakan protokol kesehatan ini,” tuturnya.

Tidak hanya menyoroti pelaksanaan protokol kesehatan di Sumbar dia juga menilai pelaksanaan tracing atau penelusuran riwayat kontak pasien positif Covid-19 juga tidak optimal.

“Tracing kita tidak berjalan dengan baik, kecuali di Padang yang cukup baik karena sebagian besar testing ada di Padang,” tuturnya.

Tidak hanya itu beliau juga menilai tidak banyak tempat isolasi yang disediakan baik di nagari hingga tempat isolasi terbaru.

“Hampir sebagian besar pasien Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah dan itu rentan menularkan kepada anggota keluarga yang lain sehingga kasus baru bertambah,” tutur ia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button