Nasional

Pemerintah Paparkan Tiga Modal Indonesia Dapat Merdeka dari Covid-19

INDOPOSCO.ID – Virus penyebab Covid-19 diprediksi terus ada dan menjadi bagian dari hidup masyarakat. Namun ia memaparkan ada tiga modal agar Indonesia dapat merdeka dari Covid-19.

“Semangat kemerdekaan ini saya ingin menyampaikan bahwa tujuan dari perang melawan Covid-19 ini adalah merdeka,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang dipantau dari Jakarta, Selasa (17/8).

Merdeka yang dimaksud Wiku bukan berarti Indonesia dapat lepas seutuhnya dari pandemi Covid-19, akan tetapi dapat hidup berdampingan dan mencapai normal baru demi menuju masyarakat produktif yang aman Covid-19.

“Merdeka bukan diartikan sebagai lepas seutuhnya dari Covid-19. Namun, mencapai kehidupan normal baru demi menuju masyarakat produktif,” tambahnya.

Wiku menjelaskan modal pertama yang harus dipenuhi yakni soal kepatuhan menerapkan protokol kesehatan. Tidak ada cara yang lebih efektif dan paling mudah dibandingkan patuh memakai masker dan menjaga jarak.

Menurutnya, pencegahan penularan Covid-19 harus dilakukan secara disiplin dan terus- menerus untuk mencapai kehidupan produktif yang aman Covid-19.

Berdasarkan data per 15 Agustus, masih ada sebanyak 25,59 persen desa/ kelurahan dengan kepatuhan memakai masker yang rendah serta ada 26,21 persen desa/ kelurahan di Indonesia dengan kepatuhan menjaga jarak yang rendah.

Data kepatuhan ini, kata dia, belum sepenuhnya menggambarkan kondisi di lapangan, karena dari 34 provinsi hanya empat provinsi yang lebih dari 50 persen desa/ kelurahan yang melaporkan kepatuhan protokol kesehatan.

“Bahkan sebanyak 11 provinsi atau kurang dari 10 persen desa/kelurahannya yang sudah melapor. Hal ini penting untuk segera diperbaiki agar modal kita semakin kuat dalam menuju Merdeka Covid-19,” kata dia, dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button