Nasional

PGI: Gerakan Kedermawanan ACT Wujudkan Kepedulian Nasional

INDOPOSCO.ID – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali memaksa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kembali terpuruk.

“Sedikitnya 70 persen hingga 80 persen UMKM akan kembali merosot lagi,” kata Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar dalam acara daring, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Ibnu, bahwa PPKM Darurat berpotensi menimbulkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatkan jumlah pengangguran.

Padahal, tiga provinsi yang menerapkan PPKM Darurat masih memiliki tingkat pengangguran terbuka (TPT) di atas rata-rata nasional, yaitu sebesar 6,26 persen.

“Misalnya Banten memiliki TPT sebesar 9,01 persen pada Februari 2021. TPT di Jawa Barat mencapai 8,92 persen pada periode yang sama. Kemudian, TPT di Jakarta tercatat sebesar 8,51 persen,” bebernya.

“Merepons kondisi ini, kami meluncurkan kembali program Operasi Pangan Gratis yang ditujukan untuk masyarakat yang tengah kesulitan di masa PPKM Darurat,” imbuhnya.

Program tersebut, menurut dia, siap mendukung kebutuhan pangan masyarakat di tengah pembatasan aktivitas yang begitu ketat. Sehingga, kebijakan pembatasan ini tidak boleh mengurangi rasa solidaritas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button