Nasional

Menlu Retno Dorong Asean Kerjasama Produksi Vaksin Covid-19

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendorong kerja sama produksi vaksin COVID-19, pada Pertemuan Khusus Tingkat Menteri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEN) dan Rusia yang berlangsung secara virtual pada Selasa.

Dalam pertemuan yang dipimpin bersama oleh Menlu Retno dan Menlu Rusia Sergey Lavrov, para menlu yang hadir membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN-Rusia yang tahun ini memasuki tahun ke-25.

Menlu RI juga mendorong penguatan kerja sama dalam sektor kesehatan, khususnya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis Kemlu RI.

“Kenaikan kasus COVID-19, kemunculan berbagai varian baru dan kesenjangan vaksinasi global merupakan pengingat bahwa ASEAN dan Rusia harus bekerja sama dengan lebih baik dalam menghadapi pandemi,” ujar Menlu Retno dalam pidato pembukaannya.

“Namun di sisi lain, upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tetap harus menjadi perhatian utama,” tutur dia, menambahkan.

Untuk itu, Menlu Retno menyoroti pentingnya kerja sama penanganan pandemi dengan mendorong Rusia untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin di kawasan melalui skema berbagi dosis (doses-sharing), memprioritaskan negara ASEAN sebagai penerima vaksin Rusia, serta menjajaki kemungkinan produksi vaksin bersama (joint-production) dengan negara anggota ASEAN.

Menlu RI juga mengajak ASEAN dan Rusia untuk bersama-sama memperkuat dukungan terhadap fasilitas berbagi vaksin global COVAX, negosiasi penghapusan paten vaksin (TRIPS Waiver), serta kesetaraan pengakuan terhadap vaksin.

Selain itu, Retno menegaskan pentingnya penguatan ketahanan kesehatan kawasan. Kolaborasi dengan Rusia diharapkan dapat meningkatkan kemandirian kawasan dalam industri kesehatan dan farmasi, penelitian serta penguatan sistem pencegahan dini kawasan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button