Nasional

Kementan Komitmen Bantu Serap Gabah Petani

INDOPOSCO.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta jajaran Kementerian Pertanian berkomitmen menjaga ketahanan pangan dengan membantu petani melakukan pembelian gabah sesuai harga ketentuan pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi stabilisasi harga.

Seperti yang dialami petani di Lampung Utara dan Lampung Timur yang pada akhir Juni 2021 harga gabah kering panen (GKP) hanya berkisar Rp 3.000 sampai Rp 3.800/kg, jauh di bawah harga acuan atau harga pembelian pemerintah (HPP).

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengungkapkan bahwa sejak awal Juli tim Badan Ketahanan Pangan sudah turun ke lapangan untuk memastikan penyebab harga gabah petani anjlok, dan memastikan petani tidak terlalu merugi.

“Kementan memberikan bantuan subsidi untuk menjamin harga jual gabah petani, agar mereka tetap semangat terus berproduksi dalam menjaga ketersediaan pangan,” jelasnya.

Menurut Agung, bantuan diberikan dengan subsidi sebesar Rp 300 per kilogram gabah agar petani mendapatkan harga jual sesuai HPP pada masa panen raya saat ini.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan Risfaheri yang memimpin rombongan memberikan bantuan subsidi tersebut menyerahkan secara langsung kepada 31 orang petani dari 4 poktan di Lampung Utara yang menjual gabah sebanyak 32,88 ton GKP, dan 3 poktan di Lampung Timur dari luas panen 35 ha atau sekitar 140 ton GKP.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button