Nasional

Pengusaha Hotel-Restoran Khawatir Lonjakan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta menyatakan lonjakan angka kasus Covid-19 yang terjadi akhir-akhir di sejumlah daerah tidak terkecuali Soloraya mengkhawatirkan bagi sektor perhotelan.

“Wacana seperti ‘lockdown’ (penutupan sementara) makin mengkhawatirkan bagi tamu. Ini memang masa tidak baik bagi perhotelan,” kata perwakilan Humas PHRI Surakarta Sistho A Sreshtho di sela program vaksinasi di The Alana Hotel and Conventions Solo, Senin.

Menurut General Manager The Alana Hotel and Conventions tersebut, kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada menurunannya tingkat okupansi hotel yang sempat membaik pada saat diberlakukannya pelonggaran sejumlah aturan beberapa waktu lalu. Ia mengatakan saat ini rata-rata tingkat okupansi hotel di Soloraya sekitar 30-40 persen.

Oleh karena itu, pihaknya menilai program vaksinasi menjadi salah satu modal utama dalam menghadapi situasi ini. Selain itu, dikatakannya, sektor perhotelan dan pariwisata akan sulit bangkit tanpa adanya dukungan dari mitra kerja terkait, salah satunya pemerintah.

“Dalam hal ini kebijakan pemerintah akan berdampak bagi kami, perhotelan dan pariwisata tidak bisa berjalan sendiri,” katanya.

Ia mengatakan selama ini Solo dan sekitarnya merupakan pasar pengumpan, sedangkan kota yang menjadi penyumbang okupansi adalah sejumlah kota besar di antaranya Jakarta dan Surabaya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button