Nasional

BPJS Terapkan Skrining Riwayat Kesehatan

INDOPOSCO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan fitur skrining riwayat kesehatan pada Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memudahkan peserta dalam mendeteksi risiko penyakit berbahaya sejak dini.

“BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam memberikan akses kemudahan layanan bagi peserta Program JKN-KIS. Fitur skrining ini memudahkan pasien JKN mendeteksi dini risiko diabetes melitus (DM), hipertensi, jantung maupun ginjal,” kata Kepala BPJS Kesehatan Palu, Wahidah, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Wahidah mengatakan screening riwayat kesehatan secara mandiri yang dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi pelayanan tanpa tatap muka sehingga mengurangi interaksi secara langsung demi mencegah penularan COVID-19.

“Pengisian screening riwayat kesehatan ini hanya dapat dilakukan setahun sekali. Peserta dengan hasil screening kesehatan risiko sedang dan risiko tinggi disarankan agar melakukan pemeriksaan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana peserta terdaftar,” katanya.

Wahidah megatakan, peserta yang mempunyai risiko penyakit Diabetes Melitus tipe 2, hipertensi, kanker leher rahim, kanker payudara dan penyakit lain yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dapat memperoleh pelayanan penapisan atau screening Kesehatan tertentu di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Penapisan itu terdiri atas pemeriksaan gula darah untuk diabetes melitus tipe 2, pemeriksaan tekanan darah untuk hipertensi, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dan papsmear untuk penyakit kanker leher rahim, pemeriksaan payudara secara klinis untuk penyakit kanker payudara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button